Kamis, 06 November 2014

Analisis Artikel tentang Perencanaan, Penetapan, dan Pengorganisasian dalam Struktur Management

Nama : Dian Istiqomah
NPM : 12513368
Mata Kuliah : Psikologi Management








     Setiap perusahan pasti mempunyai sebuah strategi atau perencanaan dan pengorganisasian tersendiri untuk bagaimana kedepannya suatu perusahaan itu bisa terkenal. Seperti hal nya salah satu restaurant franchise makanan siap saji yang mungin sudah tidak asing lagi bagi kita. Ya, salah satu restauran yang berlambangkan huruf m besar ini ternyata mempunyai strategi tersendiri untuk membuat tempat ini menjadi terkenal sampai seluruh dunia. Selain itu, restauran ini juga menerapkan pengorganisasian manajemen yang cukup baik untuk kedepannya.
       Apasih sebenarnya strategi yang dipakai oleh restauran makanan cepat saji ini? Yang pertama, sebelum melakukan langkah marketing yang kreatif, ada baiknya menetapkan tujuan dan target-target yang mendunia. Kedua, upaya promosi yang kreatif, entah itu lewat televisi, radio, poster, brosur, dll. Ketiga, melakukan delivery order agar pelanggan nyaman dan tidak perlu mengantri lama. Keempat, melakukan pelayanan online 24 jam, sehingga konsumen tetap bisa menikmatinya dimanapun dan kapanpun.
    Selain itu, upaya yang dilakukan untuk terus mempertahankan jumlah konsumen, pihak restauran melakukan beberapa hal terkait dengan produk makanan yang dihasilkan. Misalnya; menambah rasa serta jenis baru, merubah menu dibeberapa negara, dan masih banyak lagi. Strategi ini semakin berkualitas dengan didukung oleh upaya perusahaan yang terus kreatif dan inovatif dalam memproduksi jenis-jenis produk makanan baru yang diminati oleh masyarakat.
       Lalu, bagaimana sih struktur pengorganisasian yang dilakukan oleh pihak restauran tersebut? Struktur organisasi yang dilakukan oleh pihak restauran tersebut adalah struktur organisasi line atau garis. Dengan menggunakan tipe organisasi ini, maka pemerintah dalam perusahaan mengalir dari store manager turun ke first asisstant manager, kemudian turun ke second asisstent manager, turun ke junior manager, lalu turun ke trainee manager, turun ke crew leader, dan yang terakhir atau paling bawah adalah crew. Dengan begitu manajemen pengorganisasian akan terlaksana dengan baik. 

sumber :
1. http://www.academia.edu/7463156/STRATEGI_MCDONALD_DITENGAH_KOMPETISI_BISNIS_WARALABA_MAKANAN_CEPAT_SAJI
2. http://ahlimanajemenpemasaran.com/2012/02/strategi-pemasaran-mcdonald/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar