Kamis, 12 Februari 2015

Mengetahui Perbedaan Pegetahuan Antara siswa SMA dan Mahasiswa Tentang Fungsi Icon Pada Microsoft Word

Tugas Softskill

Mengetahui Perbedaan Pengetahuan Antara Siswa SMA dan Mahasiswa Tentang Fungsi Icon pada Microsoft Word
Disusun oleh :
1.     Claudya Helena              11513958
2.     Dian Istiqomah              12513368
3.     Hijria Nur Awalia          14513112
4.     Mega Setyorini Putri      15513391
5.     Picka Aprilianti Agus    16513855
Kelas : 2PA11

BAB I

PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Di zaman sekarang yang sudah terbilang sangat modern ini pasti banyak diantara siswa dan mahasiswa yang sudah memiliki computer atau laptop pribadi. Selain untuk alat bermain game biasanya laptop atau computer digunakan oleh kalangan siswa dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Microsoft Word lah salah satu aplikasi yang dapat membantu mereka untuk mengerjakan tugas.
      Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft. Pertama kali diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word untuk xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai system operasi
Namun, dengan mereka sering menggunakan Microsoft Word untuk membantu mereka mengerjakan tugas apakah mereka hafal dengan icon dan fungsi-fungsi dari icon tersebut? Laporan inilah yang akan menjelaskan tentang bagaimana perbedaan pengetahuan antara siswa SMA dan mahasiswa terhadap fungsi dari icon-icon yang terdapat pada Microsoft Word.
1.2. Tujuan
a.       Utuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang fungsi-fungsi icon pada Microsoft Word di kalangan mahasiswa dan siswa SMA
1.3. Metode Penelitian
Metode yang kami gunakan adalah 100 kuisioner esay mengenai fungsi icon pada Microsoft Word yang kami sebarkan ke 50 mahasiswa dan 50 siswa SMA.


  BAB II
 KAJIAN TEORI
2.1. Pengertian dan Sejarah Microsoft Word
            Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft. Pertama kali diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word untuk xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai system operasi, misal DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX,OS/2, dan Microsoft windows. Setelah menjadi bagian dari Microsoft office system 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft office word. Di office 2013 cukup dinamakan word.
            Pada sekitar tahun 1990-1995 word for windows diluncurkan.  Versi pertama dari word for window dirilis pada tahun 1989. Dengandirilisnya Microsoft Widows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat word for windows 1.0 didesain untuk windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumya. Microsoft menunggu hingga merilis word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
2.1.1. Microsoft Word 2010 dan Microsoft Word 2013
            Microsoft Word 2010 ini adalah versi yang dikeluarkan Microsoft untuk office pada windows, dengan dukungan untuk windows 8, windows 7, windows vista, Microsoft windows XP. Sedangkan Microsoft Word 2013 adalah versi terbaru yang dikeluarkan Microsoft untuk office pada windows, dengan dukungan untuk windows 8, windows 7, dan windows server 2008 R2 pada 29 Januari 2013. Perbedaan antara Ms. Word 2010 dan 2013 adalah:
·         Microsoft Word 2010
1.      Penghilangan fitur-fitur yang tidak diperlukan di Microsoft Office 2010, membuat lebih ringan
2.      Dukungan grafis 3D yang lebih baik
3.      Mendukung standarisasi format open document format (.odf)
4.      Mendukung penyuntingan gambar yang lebih kompleks
5.      Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
6.      Terintegrasi dengan windows live sehingga dapat menyimpan data di cloud awan
7.      Disediakan versi 32 bit dan 64 bit
8.      Ribbon yang simple dan mudah digunakan
·         Microsoft Word 2013
1.      Antar muka mengusung tema metro. Mirip windows 8
2.      Penggeseran gambar yang lebih baik
3.      Mendukung penyuntingan file adobe reader
4.      Terintegrasi dengan skydrive sehingga dapat menyimpan data di cloud
5.      Disediakan versi 32 bit dan 64 bit
6.      Ribbon masih sama seperti office 2010. Temaya saja yang berbeda.
2.2. Pengertian Icon pada Microsoft Word
            Icon juga disebut sebagai symbol, adalah antarmuka grafik di sebuah data yang digambarkan oleh gambar kecil yang menggambarkan program computer ataupun berkas computer dalam pengelola berkassebuah system operasi. Dibuat melalui manipulasi langsung atas simbl, sering ditunjuk dengan mouse, sehingga pengguna dapat menjalankan fungsinya dengan menggerakkan mouse tersebut, melihat informasi atau mengapus berkas itu.
            Icon juga digunakan di perangkat lunak. Icon sering ditempatkan disebuah toolbaryang bias dijalankan fungsinya oleh pengguna dalam program itu dengan mengklik icon tersebut.


BAB III
HASIL
            Dari 100 kuisioner yang kami sebarkan ke jenjang SMA dan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa mahasiswa lebih banyak yang mengenal fungis-fungsi dari icon pada Microsoft Word dibandingkan siswa-siswi SMA. Kami membuat 25 pertanyaan tentang fungsi icon pada Microsoft Word mulai dari icon yang paling sering digunakan sampai icon yang jarang digunakan oleh kalangan SMA dan mahasiswa.
            Dari hasil yang kami terima didapatkan bahwa:
·         Icon yang sering digunakan oleh mahasiswa dan anak SMA
1.      Line Spacing
2.      Underline
3.      Bullets and Numbering
4.      Orientation
5.      Size
6.      Italic
7.      Undo
8.      Save
9.      Center
10.  Bold
·         Icon yang jarang digunakan oleh mahasiswa dan anak SMA
1.      Strikethrough
2.      Grow Font
3.      Cover Page
4.      Reaseacrh
5.      Bookmark
6.      Translate
Selain icon yang sering digunakan dan jarang digunakan, terdapat pula beberapa icon yang jawabannya tidak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya. Icon tersebut adalah:
1.      Clear Formatting
2.      Change Case
3.      Select
4.      Show/Hide 
Dan 5 icon sisanya mereka mengetahui fungsi icon tersebut tapi tidak secara detail. Jadi, icon yang memang sering digunakan oleh mereka, mereka benar-benar mengetahui fungsi dari icon tersebut yang sebenarnya. Sementara untuk icon yang jarang digunakan, mereka sebenarnya tahu tentang masing-masing fungsi icon tersebut namun mereka jarang menggunakan icon tersebut selama menggunakan Microsoft Word. 

DAFTAR PUSTAKA
Id.m.wikipedia.org/wiki/Microsoft_word
Id.m.wikipedia.org/wiki/ikon_%28komputer%29 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar