Senin, 09 Januari 2017

Analisis Mengenai Test IQ Manual dan Test IQ Online atau Berbasis Komputer

A.   Analisis Mengenai Test Intellegensi  (IQ) Manual dan Test Intellegensi (IQ) Online atau Berbasis Komputer
Seperti yang kita ketahui, seiring berkembangnya zaman dan semakin berkembang pesatnya teknologi, banyak aktivitas atau kegiatan manusia yang dulunya dapat dilakukan secara manual kini berubah menjadi online. Tidak hanya dalam bidang komunikasi, ternyata sekarang bidang psikologi pun ikut berkembang secara pesat. Mungkin ini diperlukan agar masyarakat bisa secara keseluruhan menggunakannya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Salah satu yang berkembang dalam bidang psikologi adalah penggunaan alat test yang tadinya dilakukan secara manual (testee berhadapan langsung dengan tester) sekarang bisa dilakukan secara online atau berbasis komputer (testee mengerjakan lewat komputer). Namun, apakah pengetesan yang dilakukan secara komputer itu dapat secara mudah dimengerti oleh semua kalangan? Apakah standarisasi alat test tersebut sudah baik?
Seperti yang saya ketahui dari tes IQ online yang sudah saya lakukan ternyata ada perbedaan dengan test IQ secara manual. Pertama dari segi biaya, test IQ yang dilakukan secara manual memang membutuhkan biaya yang cukup mahal dan membuat tidak semua kalangan bisa melakukan test IQ tersebut. Sedangkan test IQ secara online tidak membutuhkan biaya yang mahal karena hanya membutuhkan komputer atau laptop dan jaringan internet yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Test IQ secara manual bisa dilakukan secara individual atau secara klasikal, asalkan tetap testee bertemu dengan tester dan tester bertugas memberikan instruksi secara jelas sampai testee paham dengan instruksi tersebut. Dalam test IQ yang dilakukan secara online, tidak ada penjelasan atau instruksi yang diberikan secara jelas dan lengkap sehingga adanya kemungkinan ketidakpahaman testee dalam mengerjakan test tersebut. selain itu, testee tidak bertemu secara langsung dengan tester melainkan hanya mengerjakan lewat komputer. Hal itu membuat adanya celah-celah kecurangan yang dilakukan oleh testee. Dalam test IQ yang dilakukan secara manual, biasanya waktu untuk mengerjakan test tersebut sudah ditentukan, dan apabila waktu test tersebut sudah habis maka testee tidak dapat melanjutkan test tersebut melainkan meneruskan ke test selanjutnya. Tetapi tidak pada test yang dilakukan secara online. Di test IQ online, ada beberapa test yang tidak dibatasi oleh waktu dalam pengerjaannya, padahal seperti yang kita ketahui dalam test IQ yang diukur adalah kecepatan dan ketepatan individu dalam menerima informasi yang diberikan dalam waktu yang bisa dibilang singkat. Kalau saja test IQ yang dilakukan secara online tidak menggunakan waktu, apa bisa mengukur hal tersebut?
            Dalam admisitrasinya, test IQ secara manual mungkin terlihat lebih sulit dan membutuhkan ketelitian karena apabila salah dalam pengskoringan maka akan berdampak fatal sampai seterusnya, tetapi hasil yang didapatkan lebih lengkap karna terdapat nilai score IQ dan penjelasan dari score IQ tersebut. Sedangkan test IQ yang dilakukan secara online bisa secara langsung mengetahui scorenya setelah selesai mengerjakan soal IQ tersebut tetapi hasil yang didapatkan tidak lengkap dengan penjelasan hanya score mentah dari IQ tersebut.

B.   Test Intellegensi (IQ) Manual dan Test Intellegensi (IQ) Online atau Berbasis Komputer
1.      Pengertian Test Intellegensi
Banyak ahli yang berbeda pendapat dalam mendefinisikan apa itu test intellegensi. Menurut Spearman, intellegensi adalah kemampuan umum untuk berfikir dan mempertimbangkan. Sedangkan menurut Thrustone intelegensi adalah sebuah kecerdasan yang dilihat sebagai suatu rangkaian kemampuan yang terpisah. Thrustone meyakini bahwa kemampuan seperti numerik, ingatan, dan kefasihan berbicara, secara bersama-sama akan membentuk perilaku pandai.  
Test intelegensi disusun dan dikembangkan untuk mengetahui kemampuan dasar individu secara umum. Test kecerdasan tradisional, meskipun terkadang ada yang memiliki beberapa subtest, namun sebenarnya dirancang untuk mendapatkan angka global tunggal ukuran tingkat perkembangan kognitif umum individu. Keluaran angka ini kemudian sering disebut sebagai Intellegence Quotient (IQ).

2.      Contoh Test Intelllegensi
Suatu test umumnya memang dirancang untuk mengukur intellegensi pada orang yang berada didalam kebudayaan dimana test tersebut dirancang. Suatu test yang bebas budaya dikembangkan dengan cara meminimalkan penggunaan bahasa, keterampilan, dan nilai-nilai yang berbeda-beda dari kebudayaan satu dengan yang lain.
Contoh dari test Intellegensi adalah Progressive matrices, yang berisikan dari beberapa test. Subjek diminta untuk memilih salah satu jawaban diantara 6 sampai 8 pilihan jawaban dari setiap pertanyaan. Aspek yang diukur dalam test ini adalah:
a.       Berfikir logis
b.      Kecakapan pengamatan ruang

c.       Kemampuan untuk mencari dan mengerti hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagian, jadi termasuk kemampuan analisa
d.      Kemampuan berfikir analogi

Selanjutnya, Cattel juga mengembangkan test intellegensi yang dinamakan Culture Fair Intelligence Test (CFIT) yang berusaha mengkombinasikan beberapa pertanyaan pemahaman verb pengetahuan yang bebas budaya. Dengan membandingkan skor-skor dalam dua macam pertanyaan, maka faktor budaya dapat dikesampingkan. Terdapat tiga jenis test CFIT, yaitu:
a.       CFIT skala 1, yang ditujukan untuk mereka yang mengalami retardasi mental
b.      CFIT skala 2, yang ditujukan untuk usia 8 hingga 13 tahun
c.       CFIT skala 3, yang ditujukan untuk dewasa

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam analisa tadi, ternyata seiring dengan berkembangnya teknologi maka pengetesan dalam bidang psikologi pun ikut berkembang. Ternyata sudah banyak test IQ yang dibuat secara online atau berbasis komputer. Dari sekian banyak test IQ onlie yang ada, inilah beberapa test IQ yang saya coba
1.      www.tes-iq.com
Tampilan pertama yang muncul saat membuka link tersebut


Setelah kita memilih salah satu dari test tersebut maka yang akan muncul adalah



Setelah kita mengerjakan soal tersebut sampai selesai, maka hasil yang akan muncul adalah


Untuk test ini, pertama yang akan muncul setelah kita mengklik link tersebut adalah

Kemudian bentuk soal yang diberikan dalam test ini adalah

Setelah kita mengerjakan test tersebut sampai dengan selesai, akan ada pemberitahuan mengenai hasil score dari test tersebut yang dikirim melalui alamat email, dalam bentuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar