Kamis, 22 Mei 2014

IPTEK dan Perkembangannya


Seiring berkembangnya zaman di dunia, tidak kalah juga dengan berkembangnya IPTEK. Perkembangan IPTEK ini sangat cepat dan deras sekali sehingga menuntut kita untuk lebih aktif mengikuti perkembangannya tersebut. Dengan berkembangnya IPTEK, entah itu dalam dunia social, pendidikan, kedokteran ataupun pekerjaan membuat masyarakat lebih mudah untuk mengakses segalanya. Dalam dunia pendidikan, IPTEK sudah sangat berkembang dengan cepat dan memiliki dampak yang positif karena dengan berkembangnya IPTEK dalam dunia pendidikan, menjadi awal perubahan yang cukup signifikan walaupun ada dampak buruk juga yang dihasilkan.  Terbukti dengan kecenderungannya para pelajar terhadap teknologi tersebut. Apalagi dengan adanya internet yang sudah merajalela ke dunia pendidikan. Coba kita perhatikan para pelajar sekarang ini, presentase mereka membawa buku atau mengerjakan tugas dengan mengambil sumber dari buku sangat kecil. Mereka sudah terkontaminasi dengan internet. Padahal, dulu sebelum adanya internet para pelajar diwajibkan untuk mengerjakan tugas dan mengambil sumbernya dari buku yang mereka punya ataupun yang mereka pinjam dari perpustakaan. Tapi sekarang? Mereka sudah dengan mudah menggunakan internet dan sedikit melupakan buku mereka. Memang sih dengan berkembangnya IPTEK di dunia pendidikan menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih mudah. Apalagi dengan adanya virtual Class yang membuat murid bisa belajar tanpa bertatap muka dengan gurunya. Memang, dengan berkembangnya IPTEK di dunia pendidikan ini tidak selalu dampak negative saja yang dihasilkan, pasti banyak juga dampak positif yang dihasilkan.



Selain dalam dunia pendidikan, IPTEK pun telah berkembang dalam dunia kedokteran. kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan memang memberikan banyak manfaat terutama dalam hal informasi terhadap kesehatan. Namun, perkembangan IPTEK dalam dunia kesehatan membuat banyak dari masyarakat yang khawatir terhadap dampak buruk yang akan ditimbulkan. Contohnya adalah berkembangnya alat diagnosa kesehatan yang dapat digunakan sendiri. Dengan adanya alat ini akan menyebabkan kekhawatiran terhadap dokter dan tenaga medis lainnya. Bagaimanapun teknologi tetaplah sebuah alat yang dibuat oleh manusia untuk kebutuhan manusia juga, jadi jika tidak bijak dalam memakainya tetap akan membawa dampak buruk terhadap kehidupan manusia.  



Nah itulah contoh dari sebagian kecil kemajuan IPTEK. Jadi dengan adanya kemajuan teknologi ini dapat memudahkan masyarakat dalam hal apapun. Menerima perkembangan IPTEK yang ada memang harus agar kita juga tidak terlalu ketinggalan dengan perkembangan zaman dan IPTEK yang ada. Namun perlu diketahui juga, setiap adanya perkembangan pasti ada juga dampak-dampak yang dihasilkan entah itu dampak positif ataupun negatif, tapi bagaimana cara kita untuk menghindari dampak negative tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar